Hebat! Pelajar Indonesia Meraih Grand Award di ISEF 2015

20 Mei 2015 Berita Pendidikan


Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh pelajar Indonesia di ajang Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2015 yang digelar di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) beberapa hari lalu.

Pelajar dari Bali bernama I Kadek Sudiarsana dan I Dewa Ary Palguna dari SMAN Bali Mandara Singaraja berhasil memperoleh Grand Award pada kategori matematika lewat karya ilmiah bertajuk The Motifs Development of Gringsing Sarong.

Selain itu pelajar dari SMA Negri 1 Surakarta yaitu Luca Cada Lora dan Galih Ramadhan dengan karya ilmiah berjudul An Inorganic Nature of Heavy Metals Absorbent atau Penyaring Logam Berat dari Abu Vulkanik meraih grand awards di bidang Material Sciences.

Sepulangnya dari Amerika Serikat, para pelajar tersebut berkesempatan bertemu dengan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Dalam kesempatan ini, Anies mengatakan bahwa dirinya bangga karena para pelajar Indonesia berhasil mengukir prestasi di luar negeri. Anies juga menambahkan bahwa apa yang telah diraih oleh anak-anak muda tersebut tidak dapat dianggap remeh dan harus ditingkatkan lagi kedepannya.

Pak mentri juga memberikan wejangan kepada dengan mengingatkan bahwa para pemenang tidak cepat puas dan tidak boleh merasa sombong dengan segudang prestasi yang sudah dimiliki.

Salah satu pelajar yang menang yaitu I Kadek Sudiarsana mempunyai cita-cita yang tinggi yakni ingin menjadi Gubernur Bali. Kadek mengatakan bahwa dia termotivasi dengan kegigihan dan semangat Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika. Kadek menambahkan bahwa ia ingin meningkatkan kualitas pendidikan di Bali.

(Dikutip dari berbagai sumber)