Hebat! Madrasah di Seluruh Daerah Siap Bersaing dalam Kualitas

16 September 2014 Berita Pendidikan


Sekolah di Madrasah bagi sebagian kita masih dirasa berat dikarenakan Madrasah terfokus dalam mempelajari pelajaran formal dengan pelajaran agama saja. Namun sekarang kualitas madrasah sudah tidak kalah dengan sekolah lainnya. Prestasi yang semakin banyak ditorehkan anak-anak yang bersekolah di madrasah baik negeri maupun swasta membuat madrasah siap bersaing dengan sekolah-sekolah umum.

Menteri Agama Lukman Hakim Syafuddin mengaku optimis jika pihaknya mampu mendinamisir geliat madrasah-madrasah di daerah untuk lebih baik. Karena sampai saat ini Madrasah di seluruh Indonesia tidak kalah hebatnya dengan pendidikan yang setara lainnya dan sangat siap bersaing. Oleh sebab itu, rasanya perlu ada perubahan mindset dan pola pikir agar mampu mendinamisir geliat madrasah-madrasah di daerah untuk lebih baik. "Ini juga menumbuhkan semangat agar lembaga pendidikan madrasah tidak dianggap sebagai the second option di antara lembaga pendidikan yang setara lainnya," ujarnya.

Peran teknologi Informasi dan media sangat penting untuk menjadikan madrasah pada akhirnya sangat diperhitungkan dari sisi kualitas yang dimiliki. Direktur Pendidikan Madrasah, Prof. Dr. Nur Kholis Setiawan, menyatakan dalam tiga tahun terakhir ini hasil UN (Ujian Nasional) MA lebih baik ketimbang hasil UN SMA.

Tetapi karena publikasi yang masih kurang di media, belum banyak teman yang menulis di media tentang capaian yang dimiliki madrasah. "Tidak akan banyak orang yang tahu". Dia melanjutkan, dirinya sempat mendapatkan kesan positif ketika melakukan kunjungan ke madrasah di sebuah daerah.

Semoga optimisme dan minat yang tinggi dari masyarakat untuk bersekolah di madrasah ke depannya seimbang dengan sarana dan prasarana yang disediakan pihak sekolah. Pergerakan peningkatan dari segi kualitas juga diharapkan semakin berkembang seiring tingginya minat untuk masuk ke madrasah.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari republika.co.id)