Hayo, PNS yang Malas Kerja Saat Puasa Bisa Dapat Sanksi, Lho!

22 Juni 2015 Berita Pendidikan


Selama bulan suci Ramadhan 1436 hijriah, beberapa daerah menyepakati agar jam kerja dikurangi. Seperti pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dikurangi jam kerjanya berdasarkan surat keputusan Bupati Mamuju.

Selama bulan Ramadhan jam masuk bergeser dari seperti biasanya dari pukul 7.30 Wita menjadi pukul 08.00 Wita seperti dikatakan oleh Bupati Mamuju Drs Suhardi Duka MM.
Jam pulang juga dimajukan, kalau biasanya jam 14.00 Wita selama bulan Ramadhan PNS pulang kerja pukul 13.00 Wita.

"Kita berharap pengurangan jam masuk kantor yang berubah dari biasanya, minimal dapat meringankan beban bagi PNS Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," ujarnya.

Begitupun di Kabupaten Bantul. Di Kabupaten Bantul, pada bulan puasa kali ini PNS mendapat pengurangan jam kerja.

Meski mendapat pengurangan jam kerja, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantul, Supriyanto menjelaskan tidak ada toleransi bagi PNS yang terlambat masuk kerja. Pasalnya jam kerja yang dikurangi hanyalah jam pulangnya, sedangkan jam masuk tetap.

"Biasanya nanti ada pemantauan dari inspektorat, inspektorat memberikan rekomendasi ke BKD, BKD menindaklanjuti," ujarnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)