Hayo Para Orang Tua, SKTM Bukan Jadi Jaminan Masuk Sekolah Negeri!

4 Juni 2016 Berita Pendidikan


Sekolah negeri menjadi incaran banyak orang. Para orang tua berlomba - lomba mendaftarkan anknya ke sekolah negeri. Bahkan sampai ada anggapan jika menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bisa otomatis masuk sekolah negeri.

Menanggapi rumor tersebut, Dinas Pendidikan Kota Bandung menegaskan SKTM bukan jaminan masuk sekolah negeri. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan siswa yang mendaftar dengan SKTM akan lebih diperketat aturannya.

Menurutnya, kuota untuk jalur SKTM sebesar 20 persen. Syarat siswa yang berhak masuk jalur miskin adalah memiliki salah satu atau lebih dari Kartu Pra Sejahtera (KPS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar, Karti BPJS Miskin, Penerima beras bagi warga miskin (raskin), penerima beasiswa miskin (BSM), penerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) atau Surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Apabila ada peserta didik jalur miskin tidak lolos, Pemkot Bandung tak tinggal diam. Elih mengatakan siswa tersebut akan diarahkan ke sekolah swasta dengan jaminan tidak ada pungutan biaya operasional sekolah.

Maka dari itu, sekali lagi Disdik mengingatkan agar orang ta tidak mengandalkan SKTM sebgaia tiket masuk sekolah negeri.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)