Berita Pendidikan
4 November 2009

Hati-Hati Pilih Sekolah Keperawatan atau Kebidanan!

MATARAM, KOMPAS.com Masyarakat diminta berhati-hati memilih perguruan tinggi swasta, khususnya yang membuka program di bidang kesehatan, karena Departemen Pendidikan Nasional atau Depdiknas telah menghentikan pengeluaran izin untuk program tersebut.

Demikian dikemukakan oleh Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VIII atau wilayah Nusa Tenggara Prof H Baharuddin Abdullah saat mengikuti rapat koordinasi pengembangan fasilitas perguruan tinggi swasta (PTS) di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Maraknya akademi keperawatan atau akper dan akademi kebidanan atau akbid menjadi permasalahan bagi dunia pendidikan sekarang ini karena pembukaannya banyak yang tidak sesuai prosedur," ujar Baharuddin, Selasa (3/11).

Menurutnya, penghentian pengeluaran izin penyelenggaraan sementara untuk akbid dan akper juga berlaku pada PTS yang membuka program studi keperawatan dan kebidanan. Alasannya, hal itu dinilai sudah terlalu jenuh dan tidak memerhatikan standar kualitas mutu pendidikan.

Adapun penghentian pengeluaran izin oleh Depdiknas tersebut dilakukan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Penghentian izin yang bersifat sementara itu dilakukan untuk menjaga kualitas sumber daya manusia (SDM) yang diluluskan oleh perguruan tinggi, khususnya yang membuka jurusan kesehatan.

"Yang dicari itu bukan perawat atau bidan yang asal punya ijazah saja, tapi yang paling utama adalah kualitas SDM yang dimilikinya karena mempertaruhkan nyawa manusia yang dirawat," ujarnya.
LTF

Editor: latief
Sumber: Ant, kompas.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris