Hari Pertama UN, Para Pejabat Pantau Langsung ke Sekolah

4 April 2016 Berita Pendidikan


Hari ini, 4 April 2016, adalah hari pertama Ujian Nasional (UN) bagi tingkat SMA dan sederajat. Kota Surabaya menjadi pelopor Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Sebanyak 254 SMA/MA dan SMK mengerjakan UN dengan komputer.

Di hari pertama tersebut beberapa pejabat memantau langsung pelaksanaan UN di sekolah. Seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengunjungi Kota Surabaya untuk melihat pelaksanaan UNBK.

Gubernur Jatim, Soekarwo akan ikut mendampingi Anies memantau pelaksanaan UNBK. Pemantauan dimulai dari dua sekolah di wilayah Surabaya Utara, yaitu SMA Hang Tuah 1 dan SMAN 8 Surabaya.

Sementar itu di Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan hari ini juga memantau UN di tiga sekolah di Kota Bandung. Ketiga sekolah tersebut adalah SMA Negeri 20 di Jalan Citarum, SMA Negeri 14 di Jalan Yuda Wastu Pramuka dan SMA Negeri 2 di Jalan Ciliwung.

Ahmad mengatakan total peserta UN di Jawa Barat sebanyak 538.404 siswa SMA/MA dan SMK. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yaitu 469.767 siswa. Dari 538.404 siswa, 425.238 siswa adalah peserta Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil, dan 113.166 siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)