Berita Pendidikan
12 Juli 2011

Hari Pertama MOS, Siswa Baru Pakai Pita dan Tas Karung

JAKARTA - Hari pertama masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2011/2012, secara serentak SMP dan SMA di Jakarta menggelar masa orientasi siswa (MOS). Kegiatan ini untuk mengenalkan siswa pada sekolah barunya.

Meski sudah SMP, namun masih ada beberapa siswa yang datang di antar orangtuanya. Namun, banyak juga yang datang sendirian dan berbaur dengan teman-temannya. Mereka tampak memakai pernak-pernik, seperti memakai pita, papan nama di dada dan ada juga yang membawa tas dari karung.

Beberapa siswa mengaku senang dengan kegiatan MOS meski awalnya sempat deg-degan. Senang juga ada MOS karena jadi saling mengenal antar teman dan diperkenalkan kondisi sekolah. Meski sempat deg-degan, kata Zaskia, siswi SMPN 178 Bintaro, Jaksel.

Di SMPN 61 Jakbar, pelaksanaan MOS bagi para siswa baru ditugasi untuk membawa peralatan salat dan sandal jepit. Mereka juga diminta mengerjakan soal-soal tes pelajaran fisika, matematika dan bahasa Inggris.

JAKUT

Sedangkan di SMAN 13 Jakut, sebanyak 251 siswa mengikuti MOS. Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Supriyono, mengatakan MOS dilaksanakan untuk memberi pengetahuan kepada siswa. Diantaranya tips berkendaraan yang aman, seputar wiyatamandala, belajar efektif, tata tertib sekolah dan administrasi sekolah.

Kami bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk memberikan tips berkendaraan yang aman, katanya.

Dikatakan untuk menghindari kesan perpeloncoan, seluruh siswa baru tidak diberikan tugas yang merepotkan. Mereka hanya diminta membuat name tag dan pita berwarna berdasarkan kelompok.

JAKPUS

Kegiatan MOS di SMAN 68 Jakpus, dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Masyarakat Jakpus, H. Syamsuddin Lologao. Para siswa diberikan pemahaman mengenai situasi dan kondisi sekolah.

PURWAKARTA

Sementara itu, hari pertama masuk sekolah, para orang tua siswa baru SD barengi anak di kelas sampai jam pulang tiba. Pemandangan ini secara umum terpantau di sejumlah lembaga SD.

Seperti terpantau di SDN Campakasari, SDN Singawinata dan SDN Pasawahan. Anak tak mau pisah dengan orang tua. Saya menemaninya didalam kelas sampai jam pulang, tiba, tutur Ny Lisma, 37, warga Campaka, Senin (11/7).

Sikap anak yang emoh ditinggalin dikelas tersebut, sebut Ny Lisma, lantaran belum terbiasa menghadapi lingkungan baru. Belum beradaftasi jadinya enggak mau ditinggal orang tua, lanjutnya.

Tahun ajaran baru pada hari pertama masuk di lingkungan SMP diisi dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi para siswa baru. Pelaksanaan MOS siswa SMP dan SMA di Purwakarta berjalan aman, lancar dan tertib.

Kegiatan MOS semula dikecam karena kerap dijadikan ajang pemeloncoan siswa senior atau kakak kelas kepada peserta didik baru.

Sumber: poskota.co.id

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris