Hari Pertama Masuk Sekolah Masih Bebas Belajar

14 Juli 2014 Berita Pendidikan


Hari ini , 14 Juli 2014 merupakan hari pertama bagi para siswa kembali kesekolah setelah liburan mengikuti ujian sekolah. Namun meskipun demikian sekolah-sekolah diharapkan tidak langsung melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Menurut Achmad Jazidie, Direktur Jenderal Pendidikan, hari ini memang merupakan awal tahun ajaran baru 2014-2015 sesuai dengan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Kemendikbud namun dianjurkan agar di minggu pertama ini kegiatan sekolah lebih ditekankan pada penanaman karakter kepada siswa. Hal ini juga karena bertepatan dengan bulan Ramadhan sehingga kegiatan ini dapat dikemas dalam program pondok Ramadhan.

Jazidie melanjutkan bahwa untuk para guru sebaiknya menyelesaikan program pelatihan kurikulum baru. Kepala sekolah juga dianjurkan untuk mengecek dengan seksama guru-guru yang belum mengikuti pelatihan kurikulum baru. "Kalau masih ada yang belum, segera dimasukkan ke gelombang terakhir pelatihan guru," ujarnya.

Lebih lanjut Jazidie mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2014-2015 baru benar-benar akan efektif pada tanggal 4 Agustus 2014. Dikarenakan para siswa hanya akan bersekolah pada minggu ini saja kemudian libur lebaran minggu depan.

Di lain pihak, dengan adannya libur liburan sekolah yang bersamaan dengan lebaran, Kemendikbud merasa diuntungkan karena memiliki waktu tambahan untuk menuntaskan persiapan penerapan kurikulum baru.

Hingga saat ini Kemendikbud masih menghadapi permasalahan dengan sekolah-sekolah yang belum memesan buku baru kurikulum ke percetakan. Sampai saat ini juga kegiatan pengadaan dan pendistribusian buku kurikulum masih berjalan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari jpnn.com)