Hari Kelahiran Bahasa Indonesia, Kapan?

4 Mei 2010 Berita Pendidikan


DEPOK, KOMPAS.com Sejarah kelahiran Bahasa Indonesia belum mendapat tempat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan, hari kelahiran Bahasa Indonesia tanggal 2 Mei juga belum diketahui secara luas.

"Kami sudah meminta kepada Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional untuk bisa meresmikan hari kelahiran Bahasa Indonesia setiap tanggal 2 Mei, bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional. Sebab, dalam kajian memang kelahiran Bahasa Indonesia pada tanggal tersebut," kata Hermina Sutami, Kepala Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, di Depok, Senin (3/5/2010).

Untuk memperingati hari Kelahiran Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya UI sudah empat kali menggelar seminar nasional dan internasional. Pada tahun keempat ini, temanya "Periodisasi dalam Sejarah Bahasa Indonesia".

Hermina mengatakan, berdasarkan penelitian ahli linguistik UI, Harimurti Kridalaksana, pencipta nama Bahasa Indonesia adalah M Tabrani dalam Kongres Pemuda I tanggal 2 Mei 1926. Karena itu, pemerintah lewat Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional layak memberikan gelar tersebut kepada beliau.

sumber: kompas.com