Berita Pendidikan
19 Oktober 2009

Guru Sekolah Swasta Gunungkidul Dapat Insentif

GUNUNGKIDUL-Para guru sekolah swasta yang tergabung dalam Perhimpunan Guru dan Karyawan Sekolah Swasta Seluruh Indonesia (PEGKSSI) Kabupaten Gunungkidul, DIY, akan mendapat insentif sebesar Rp200 ribu/bulan.

"Kebijakan pemberian insentif untuk para guru sekolah swasta itu sudah disosialisasikan, tinggal menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan (Dirjen PMTK) Departemen Pendidikan Nasional," kata Kasubag Kepegawaian Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Tijan di Wonosari, Jumat.

Ia mengatakan sekitar 400 guru swasta di Gunungkidul dalam waktu dekat akan mendapat dana insentif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY. Pemberian akan dilakukan setelah guru swasta tersebut memegang SK dari Dirjen PMTK Departemen Pendidikan Nasional.

"Pemerintah kabupaten saat ini sedang mengusulkan 600 guru sekolah swasta lainnya untuk menerima insentif Rp200.000 dari Pemprov DIY.

Ia menjelaskan terdapat sekitar 1.000 guru sekolah swasta di Gunungkidul yang diusulkan mendapat dana insentif, bahkan 400 orang di antaranya kemungkinan besar sudah akan mendapat insentif mulai pekan depan, sedangkan 600 orang lainnya sedang diusulkan.

"Dengan pencairan dana insentif tersebut diharapkan lebih memacu kinerja para guru terutama dalam mendidik para siswa sehingga menjadikan dunia pendidikan semakin berkualitas," katanya.

Menurut dia tahapan pemberian dana insentif saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dana baru akan cair setelah para guru sekolah swasta yang sudah memenuhi kualifikasi harus menunggu terbitnya SK Dirjen PMTK.

Sejumlah guru swasta yang tergabung dalam (PEGKSSI) Gunungkidul sehari sebelumnya mengadu ke Bupati Gunungkidul Suharto untuk mempertanyakan insentif Rp200.000 yang belum mereka terima.

Ketua III PPEGKSSI Gunungkidul Sutarto mengatakan dalam empat sampai delapan bulan terakhir sejumlah guru swasta tidak lagi mendapat insentif dari pemerintah.

"Namun dengan adanya kebijakan pemberian insentif yang akan dicairkan pada pekan depan, kami sangat bahagia dan bersyukur karena keluhan kami kepada pemerintah sudah mendapat jawaban," katanya. ant/pur
Sumber: Republika Online

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris