Guru Sekolah di Tegal Belajar Tata Sekolah dari Jepang

13 Februari 2016 Berita Pendidikan


Masih banyak penduduk Indonesia minim kesadaran dalam menjaga lingkungan. Begitupun dengan lingkungan sekolah, tempat mencari ilmu bagi para penerus bangsa. Lingkungan sekolah haruslah nyaman dan bersih agar proses belajar mengajar menjadi lancar.

PT Japfa Comfeed Indonesia memberikan pelatihan mengenai tata kelola sekolah yang diadopsi dari Jepang. Pelatihan tersebut diadakan di SDN Jatirawa 02 dan 9 sekolah lainnya di Tarub dan Pangkah, Kabupaten Tegal.

Metode penataan dari negeri sakura tersebut menggunakan metode 5S: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke.

Pelatihan yang ditujukan bagi karyawan sekolah ini, diharapkan dapat membantu memberikan, bagaimana cara yang tepat untuk mengelola sarana dan sumber daya manusia di sekolah, didukung juga dengan simulasi dan praktik untuk mensosialisasikan suatu perubahan.

Sejalan dengan pelatihan 5S, PT Japfa Comfeed juga memberi pelatihan Dokter Kecil bagi murid sekolah. Dari pelatihan ini diharapkan murid dapat menjadi contoh bagi murid - murid lainnya, termasuk kedisiplinan dalam menggunakan sarana sekolah.

Setelah pelatihan 5S dan Dokter Kecil, dengan sarana yang ada dan kebiasaan yang baik akan menghasilkan kondisi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)