Guru SD di Depok Masih Kebingungan dalam Menjalankan Kurikulum 2013

17 September 2014 Berita Pendidikan


Implementasi Kurikulum 2013 dinilai masih diliputi permasalahan. Pasalnya, kurikulum yang dimulai bertahap dari tahun lalu ini tidak henti-hentinya menuai banyak pro dan kontra. Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 pada tahun ini, masih banyak guru sekolah yang mengaku masih bingung dan kesulitan menyampaikan materi ke anak muridnya. Seperti diakui guru, SDN Bedahan 04 Depok.

Guru yang juga wali kelas 2, Ade Ida Farida, mengaku sedikit membingungkan dengan kurikulum 2013 ini. "Saya masih sedikit bingung, dan saya baru satu kali mendapat pelatihan untuk materi kurikulum 2013 ini," katanya kepada depoknews.com.di tempat dia mengajar.

Untuk siswa kelas 2 ini, tema pertama -hidup rukun- yang memang semua siswa sudah menerima masing-masing buku ini. "Untuk bulan ini, harus sudah berganti tema -lingkungan disekitar kita-. Baru saya (guru) yang terima buku ini. Sedangkan murid saya belum menerima yang seharusnya sudah diterimanya," papar Ade.Banyak juga guru lain yang mengeluhkan keadaan seperti itu, pihaknya berharap agar setiap guru mendapatkan lagi bentuk pelatihan tentang kurikulum 2013 lagi.

Pro dan kontra memang selalu ada. Kurikulum 2013 pun sudah mulai diterapkan, terlepas ada yang melihatnya sebagai sebuah uji coba. Akankah produk baru ini berhasil? Atau berakhir usang sebagai satu lagi kegagalan pemerintah menyusun sistem pendidikan yang tepat?

Oleh: Indra K
(Dikutip dari depoknews.com)