Guru Harus Tingkatkan Kapasitas Pendidikan

1 September 2009 Berita Pendidikan


"Setidaknya, seorang guru saat ini harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pemikiran yang kreatif dan kritis, sekaligus kemampuan pemecahan masalah yang tepat dan cepat," kata Drs.H.Abdulah Safei,MM, di ruangan sekolah SMK Al-Huda, Cengkareng, Jakarta, Jumat (28/8).

Menurutnya, kemampuan mengelola dan mengolah teknologi canggih merupakan satu contoh keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh para guru saat ini, sehingga dapat membantu dan mendorong pola belajar yang menumbuhkan kreativitas dan sikap kritis siswa mereka.

"Sekarang, internet juga sudah menjadi salah satu sumber belajar yang lebih baik dan cepat, seharusnya para guru tanggap dengan hal itu, agar para siswa mereka dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar yang menambah pengetahuan mereka," kata dia.

Abdulah Safei menambahkan, tugas utama seorang guru pada abad ke-21 adalah sebagai penginspirasi dan pembimbing siswanya mampu mengembangkan potensi diri mereka sesuai kemajuan zaman.

"Guru yang sempurna adalah guru yang mampu menginspirasi siswanya," katanya.

Ketrampilan siswa/siswi SMK porsi belajarnya 70 praktek dan 30teori dengan alat memadai dan ditambah Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dijalankan sesuai programnya.
"Disekolah kami ini mempunyai moto seperti: Salam, Senyum, Sapa, Sopan-Santun," ujarnya.

sumber: kabarindonesia.com