Guru Double Ship Mengajar Dibolehkan

9 September 2009 Berita Pendidikan


PALU Guru yang mengajar selain di sekolah asalnya sendiri, atau memberikan kuliah di perguruan tinggi, dibolehkan. Yang penting kata Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kota Palu, Drs Rustam Akas MSi, guru tersebut mampu memenuhi jam mengajarnya, antara 24 hingga 40 jam selama sepekan.
Namanya saja sebagai seorang pendidik. Ketika dipercayakan mengajar di sekolah lain, itu karena keilmuan terhadap mata pelajaran yang dikuasainya tersebut. Maka guru tersebut boleh saja memanfaatkan waktu yang ada untuk mengajar di sekolah lain. Asalkan tanggung jawab utama tidak diabaikan, maka mengajar ditempat lain tidak dipersoalkan, katanya.

Yang bisa bermasalah urai mantan Kasi Kurikulum dan Sisjian Pendidikan Menengah Disdik Palu ini adalah, ketika jam mengajar tidak terpenuhi, namun tetap ngotot mengajar di sekolah lain hanya karena honor yang diperolehnya lebih tinggi, maka hal tersebut dianggap suatu pelanggaran.

Rustam berharap, kinerja jam mengajar para guru perlu dibuatkan dalam bentuk laporan kegiatan mengajarnya. Laporan tersebut harus dilaporkan ke Disdik, sehingga dapat diketahui aktivitas dari guru tersebut. (suf)

Sumber: radarsulteng.com