Guru Dinilai Tak Kuasai PTK

26 Agustus 2009 Berita Pendidikan


Saat pembelajaran, guru tak bisa sekadar menyampaikan materi.
Mereka perlu melakukan beberapa langkah untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan pembelajaran. Itu bisa diketahui dari penelitian tindakan kelas (PTK). Namun ternyata belum banyak guru melakukan penelitian itu.

Bahkan bisa dikata penguasaan guru terhadap penelitian tindakan kelas masih sangat kurang, kata Ketua Pelaksana Sertifikasi Guru Rayon 12 Sugiyo, kemarin.

Penelitian tindakan kelas, ujar dia, meliputi analisis terhadap segala sesuatu yang terjadi di kelas. Bisa pula guru meneliti ketika nilai siswa untuk mata pelajaran tertentu jelek.

Guru seharusnya melakukan analisis untuk mengetahui apa penyebab nilai siswa buruk. Berdasar temuan dalam penelitian itu, sang guru bisa segera memperbaiki pembelajaran.

Cara Lama

Bayangkan saja ketika kekurangan tak segera diketahui. Permasalahan tak segera terselesaikan, malah makin berlarut-larut, katanya.

Pengetahuan para guru yang kurang tentang penelitian tindakan kelas diketahui dari peserta PLPG. Selain itu, para guru juga kurang inovatif dalam pembelajaran. Pembelajaran masih berprinsip dan memakai cara lama. Kreativitas guru dalam pembelajaran sangat perlu ditingkatkan.

Dia menyatakan pembelajaran inovatif sangat membantu siswa menyerap materi. Suasana menyenangkan sangat membantu. Pembelajaran juga harus memicu siswa berpikir kreatif dan mengembangkan diri, ujar dia.

Penulisan karya ilmiah juga perlu ditingkatkan. Sebab, hal itu menjadi sumber penguasaan materi guru. Karya ilmiah akan membuat guru memperoleh banyak sumber pengetahuan lain. Itu sangat perlu bagi guru untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan yang pesat.(H31-53)

Sumber: Suaramerdeka.Com