Berita Pendidikan
16 Desember 2009

Guru Diharapkan Ikut Ciptakan Sekolah Bersih dan Sehat

Guru sebagai pengajar di sekolah tidak saja dituntut untuk menciptakan anak didiknya mampu mencerna pelajaran yang diberikan, namun guru juga diharapkan mampu mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Guru tentu harus mendorong dan memberikan contohkan kepada anak didiknya untuk berupaya menciptakan sekolah yang bersih dan sehat, kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta H Rationo saat pembukaan pembinaan pengelola TP-UKS bagi Guru SMP/SMA/SMK di DKI Jakarta, kemarin.

Menurutnya, UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) merupakan program pembinaan anak usia sekolah peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku hidup sehat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Karena itu, pola guru untuk melaksanakan UKS perlu pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tentu Bapak dan Ibu guru harus berada di depan untuk memberikan contoh nyata, ujarnya.

Ia mengingatkan, salah satu contoh tujuan UKS yakni perilaku dan budaya hidup sehat harus diupayakan tumbuh dan berkembanga di setiap sekolah di Jakarta. Ia mencontohkan, diantaranya menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, yakni mengurangi sampah dengan memanfaatkan sampah yang ada dengan sebaik-baiknya. Misalnya dengan mendaur ulang, ujarnya.

Sedangkan menciptakan lingkungan yang asri dengan menciptakan lingkungan dengan adanya pertamanan, pertanian dan upaya pelestarian lingkungan. Bisa dengan menanam tanaman bibit tumbuhan yang baik dan budaya menjaga kebersihan lingkungan, misalnya setiap Jumat siswa secara otomatis bertanggungjawab terhadap kelasnya untuk membersihkannya, ujarnya.

Wakadis juga mengingatkan agar guru mampu mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan.
Sementara itu, Kasi Kesiswaan SMP/SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Barmenggano mengatakan kegiatan works shop diikuti 100 guru dari SMP, SMA dan SMK di wilayah DKI Jakarta. (kim)

Sumber: Harian Umum Pelita (pelita.or.id)

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris