Guru Dapat Bantuan untuk Studi Lanjut

4 September 2009 Berita Pendidikan


Sebanyak 1.000 guru dari berbagai jenjang pendidikan di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta mendapat bantuan biaya studi lanjut. Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Rakhmat Sutomo, menyatakan bantuan biaya studi lanjut bagi 1.000 guru dari APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBN tahun 2009 itu sudah dibagikan.

Dia mengatakan, guru berpendidikan SMA atau sederajat yang akan melanjutkan ke program studi S1 diberi bantuan. Bantuan biaya setiap tahun Rp 2 juta itu dengan batas waktu empat tahun.

Guru berjenjang pendidikan D3 atau D4 diberi bantuan dana sama, Rp 2 juta per tahun, tetapi hanya untuk dua tahun.

Tak semua guru mendapat bantuan biaya studi lanjut. Akantetapi harus melalui seleksi dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Misalnya, harus sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS), katanya.

Guru dari semua jenjang pendidikan di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta 11.000 orang. Masih ada sekitar 30 belum memenuhi kualifikasi akademik.
Guru yang belum memenuhi kualifikasi akademik sebagian besar dari sekolah dasar (SD). Adapun untuk tingkat SLTP tinggal sedikit. Hampir semua guru SLTP telah mengantongi S1.

Guru yang melanjutkan studi sebagian besar ikut program pendidikan Universitas Terbuka (UT) sehingga tak mengganggu tugas mengajar. (ant-53)

Sumber: Suaramerdeka.Com