Generasi Sehat dan Tangguh Jadi Tema O2SN 2019

29 Agustus 2019 Berita Pendidikan


Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2019 mengangkat tema "Generasi Sehat, Generasi Tangguh". Pelaksanaan O2SN setiap tahunnya memang selalu bertujuan untuk mengembangkan karakter positif generasi bangsa, antara lain sportif, saling menghormati, dan kompetitif. Generasi bangsa diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi SDM yang unggul demi mewujudkan Indonesia maju.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Supriano, saat pembukaan O2SN 2019 untuk jenjang SD, SMP, dan Pendidikan Khusus, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/8/2019) mengatakan; unggul dalam rangka upaya peningkatan sumber daya manusia sebagaimana yang dicanangkan oleh presiden kita, mengacu pada sumber daya manusia. Sehingga konsen pendidikan dan kebudayaan terus berupaya meningkatkan bagaimana anak-anak kita ke depan ini tidak hanya memiliki potensi yang baik, tetapi juga memiliki karakter yang baik, perilaku yang baik, dan tentunya salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Di akhir sambutannya, Supriano pun menyemangati para peserta O2SN 2019. Jadilah anak-anak yang hebat dan kalian yang sudah datang ke sini semua sudah juara. Pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 di Semarang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo mengatakan, kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2019 tidak hanya sekedar menghadirkan anak-anak untuk berkompetisi atau memperebutkan medali. Tetapi juga agar anak-anak kita belajar saling menghormati dan menumbuhkan sikap sportivitas antarsiswa, antaratlet, antarsesama anak bangsa.

O2SN tahun 2019 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Khusus (PK) dilaksanakan di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa tempat yang akan menjadi lokasi pertandingan antara lain Universitas Negeri Semarang (UNS), Universitas Semarang (USM), dan Kolam Renang Kodam IV Diponegoro.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain renang, karate, balap kursi roda, bocce, dan catur. Untuk setiap cabang olahraga, para juara akan mendapatkan hadiah medali, piagam kejuaraan, dan dana pembinaan. Selain itu, dalam pelaksanaan O2SN ini panitia akan memberikan Piala Fairplay bagi setiap peserta yang telah dinilai di setiap cabang olahraga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kemdikbud.go.id)