Gawat, Pekanbaru Kekurangan Guru PNS!

2 Desember 2015 Berita Pendidikan


Akhir - akhir ini sudah terjadi krisis tenaga guru, khususnya yang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti di Pekanbaru, Provinsi Riau, akan memasuki masa krisis tenaga guru PNS hingga 10 tahun ke depan. Menurut Wali Kota Pekanbaru, Firdaus hal ini disebabkan karena minimnya perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah setempat.

Jumlah sekolah negeri, baik SD hingga SMA, di Pekanbaru mencapai 517 sekolah dengan jumlah murid 189 ribu. Namun, jumlah gurunya hanya 12 ribu. Dilihat dari rasio tersebut, jelas bahwa Pekanbaru sudah mulai kekurangan tenaga guru.

Dari 12 ribu guru, 5.091nya adalah guru PNS, sementara sisanya adalah guru honor. Lebih parahnya lagi, dari 5.091 guru PNS, 51%nya guru yang sudah berumur 50 tahun ke atas, alias sudah mendekati pensiun! Firdaus memperkirakan hingga 10 tahun ke depan lebih dari 2.500 orang guru akan pensiun di Pekanbaru.

"Sementara pengangkatan CPNS dari tenaga guru hanya 10 persen dari jumlah itu. Dapat dibayangkan betapa besarnya persoalan pendidikan yang dihadapai ke depan nantinya," tambahnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)