Garuda Butuh Pilot, Pramugari, dan It

19 Oktober 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA - Perusahaan penerbangan nasional PT Garuda Indonesia masih membutuhkan cukup banyak pramugari, pilot, ahli IT, dan akuntan. Kebutuhan tersebut sejalan dengan meningkatnya operasional mereka.

Employe Service Center Garuda Indonesia Darma Setiawan menyampaikan, hingga akhir tahun Garuda masih mencari sekitar 200 orang pramugari dan 125 orang pilot. "Pastinya dengan operasional yang banyak, banyak sekali dibutuhkan orang yang mengoperasikan, pilot dan kru. Pramugari di tahun ini butuh 1.000 orang," ujar ujarnya di sela Kompas Karier Fair 2010, JITEC, Mangga Dua, Jakarta, Sabtu (16/10/2010).

Sampai akhir tahun, lanjut dia, Garuda masih membutuhkan 200 pramugari. "Pilot per-tahun 125, masih kurang banyak," tambah Darma.

Darma mengatakan, mulai 2010 ini Garuda Indonesia mendatangkan dua buah pesawat Boing 737-800 New Generation setiap bulannya. Untuk itulah, diperlukan banyak tenaga kerja untuk mengoperasikan pesawat-pesawat baru tersebut.

"Satu pesawat kira-kira butuh 70 orang untuk di atas pesawat," katanya.

Belum lagi, dibutuhkan orang-orang yang mengerti sistem informatika untuk kebutuhan otomatisasi sistem Garuda Indonesia. "Pasti diperlukan sistem-sistem baru dan orang-orang yang mengerti, tenaga IT paling banyak dibutuhkan," lanjut Darma.

Sekolah penerbangan

Selain pramugari, pilot dan tenaga IT, Garuda Indonesia juga membutuhkan orang yang andal dalam kontrol kualitas. Untuk bidang kontrol kualitas tersebut, kata Darma, dibutuhkan banyak orang dengan latar belakang Sekolah Tinggi Penerbangan untuk kontrol kualitas keamanan dan akuntan untuk kontrol keuangan.

Mengenai kriteria personal orang yang dibutuhkan, Darma mengatakan, adalah orang yang memiliki karakter sejalan dengan budaya perusahaan, yakni berprinsip efisien dan efektif, loyal, berfokus pada customer, jujur dan terbuka, serta memiliki intergitas.

"Kita ingin SDM yang mengarah ke sana," imbuhnya.

Bagi Anda yang memiliki kriteria seperti yang dibutuhkan Garuda Indonesia, silahkan mendaftar posisi yang Anda inginkan secara langsung di stand Garuda Indonesia di Kompas Karier Fair 2010, JITEC, Mangga Dua hingga pukul 17.00 WIB nanti.

sumber: kompas.com