Gara-Gara Salah Nama dan Nomor Rekening, Tunjangan Guru Tersendat?

7 September 2009 Berita Pendidikan


Tunjangan profesi guru agama di Jawa Timur lulusan sertifikasi 2008 tersendat. Macetnya proses pencairan dana itu karena panjangnya waktu yang diperlukan untuk proses pemberkasan, sehingga belum semua berkas terkirim ke Jakarta.

Hingga, Kamis (3/9) kemarin, berkas yang sudah dikirimkan baru mencakup 30 kabupaten dan kota. Jumlah sisa lainnya masih dalam tahap pemberkasan di Departemen Agama Jatim. Menurut petugas pengurusan tunjangan profesi Kanwil Depag Jatim Haniah, beberapa kendala teknis penyebab macetnya pencairan tunjangan tersebut antara lain karena kesalahan nama dan nomor rekening.

Rencananya, untuk mengatasi kendala teknis itu Kanwil Depag Jatim akan membuat workshop khusus bagi petugas di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Sementara berkas dari 30 kabupaten dan kota yang sudah lolos langsung dikirim untuk selanjutnya mendapatkan SK dari Dirjen PAIS (Pendidikan Agama Islam) Depag Pusat.

Proses tersebut diperkirakan selesai pada Oktober 2009. Selanjutnya, SK Dirjen tersebut akan diteruskan ke KPPN. Jika lancar proses pengucuran tunjangan profesi guru lulusan sertifikasi 2008 bakal dilakukan pada Desember mendatang, ujar Haniah.

LTF

Sumber: Harian Surya (kompas.com)