Fakultas Sipil UI Mulai Sosialisasi Pemilu untuk Mahasiswa

10 Februari 2014 Berita Pendidikan


Tahun ini, tercatat 53 juta pemuda Indonesia menjadi pemilih mula dalam pemilu. Besarnya angka ini menunjukkan bahwa generasi muda dapat menjadi agen perubahan bagi bangsa, salah satunya lewat pemilu. Menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Arie Setiabudi Soesilo, perubahan adalah satu hal yang konstan. Perubahan hanya akan terjadi jika kita menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tanpa partisipasi kita semua, perubahan itu tidak akan terjadi," kata Arie ketika menghadiri acara Sosialisasi Pemilu di kampus UI, Depok, Minggu, 9 Februari.

Kegiatan Sosialisasi Pemilu 2014 itu dihelat oleh Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UI. Kegiatan dikelola oleh Rock The Vote Indonesia, sebuah gerakan pendidikan pemilih muda yang berjejaring dengan 45 PTN/PTS se-Indonesia. Rock The Vote sendiri merupakan gerakan pendidikan pemilih muda yang bersifat internasioal dengan basis utama di Amerika Serikat. Gelaran yang dihadiri siswa-siswi SMA/sederajat se-Jabodetabek dan mahasiswa Ilmu Politik se-Indonesia itu diisi berbagai kegiatan seperti Tour de UI Democracy, Political Science Students Fair, Political Party Expo, Art Express, dan uji coba publik Partai Politik.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan sebagai pemilih pemula untuk menggunakan haknya," imbuh Arie.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Melanie Leimena Suharli yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, MPR sangat mendukung kegiatan pendidikan demokrasi seperti yang dilakukan CEPP FISIP UI. Sebab jumlah pemilih muda mencapai 53 juta di tahun 2014. "Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Ya mudah-mudahan Pemilu 2014 bisa berjalan dengan aman dan dapat menghasilkan wakil rakyat serta presiden dan wakil presiden yang baik," tutur Melanie.

Selain Melanie, hadir pula Wakil Ketua MPR RI Hadjriyanto Thohari, Rektor UI M Anis, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail serta beberapa perwakilan partai politik.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com)