Enam Rektor Hadiri

19 Maret 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu programnya mewujudkan internasionalisasi pendidikan tinggi, British Council mengundang pihak-pihak pembuat kebijakan pendidikan dan para pimpinan universitas di Asia Timur seperti Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapore, Taiwan, Thailand, Vietnam, Korea Selatan dan Hongkong, ke Inggris untuk mendiskusikan tantangan-tantangan internasionalisasi pendidikan tinggi.

Mereka terpilih karena merupakan institusi pendidikan swasta dan negeri yang termasuk di dalam 50 universitas terbaik.

Kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan juga kompetisi internasional melalui konsep-konsep pengembangan strategi kemitraan. Para utusan universitas tersebut akan melakukan kunjungan ke universitas-universitas Inggris sejak 22-24 Maret 2010 dan mengikuti Konferensi Pendidikan Internasional "Going Global 4 Conference" pada 24-26 Maret 2010.

Adapun peserta kunjungan dan konferensi dari Indonesia antara lain adalah Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka, Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) Jonathan L.Parapak, Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus) Harjanto Prabowo, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Priyo Suprobo, serta Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudjarwadi. Keenam rektor tersebut adalah sebagian dari 10 universitas dan 2 institusi pendidikan tinggi kejuruan penerima dana awal pengembangan kemitraan dengan Inggris.

"Mereka terpilih karena merupakan institusi pendidikan swasta dan negeri yang termasuk di dalam 50 universitas terbaik, sudah mempunyai jejaring yang cukup kuat dengan institusi di Inggris dan merupakan pilihan dari institusi yang ada di Inggris," ujar UK Education Manager British Council Andrias Soesilo di Jakarta, Kamis (18/3/2010).

Andrias mengatakan, kunjungan tersebut untuk mempertemukan para pembuat kebijakan dan pimpinan Universitas Asia Timur dengan mitra mereka dari Inggris. "Agar terbentuk kolaborasi internasional yang akan meningkatkan daya saing nasional dan internasional bagi institusi pendidikan masing-masing," tambahnya.

Universitas-universitas yang akan dikunjungi di Inggris, lanjut Andrias, antara lain Aston University, Brunel University, University of Exeter, Institute of Education, King's College London, Oxford University, serta University of Sheffield. Sementara itu, Konferensi Pendidikan Internasional "Going Global 4 Conference" akan berlangsung di Queen Elizabeth II Conference Centre, Broad Sanctuary, Westminster, London, Inggris.

Sumber: edukasi.kompas.com