Empat Hari Lagi, Beasiswa "Japanase Studies" Ditutup!

26 Januari 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com Kesempatan mendaftar beasiswa Japanese Studies masih empat hari lagi. Beasiswa ini adalah salah satu program beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang sedang kuliah di jurusan bahasa Jepang.

Japanese Studies diberikan dengan tujuan meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memperdalam pengertian para pelajar akan kebudayaan Jepang. Program non-gelar ini berlangsung selama 1 tahun, yang dimulai sejak Oktober 2010.

Syarat utamanya, pelamar adalah mahasiswa yang masih aktif menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi yang mempelajari bahasa, budaya, serta sastra Jepang. Pelamar harus berusia di bawah 30 tahun, tepat pada 1 April 2010.

Khusus mahasiswa tingkat tiga ke atas diberikan pengecualian pada saat melamar, yaitu pelamar adalah mereka yang mempunyai kemampuan dan telah mendapatkan rekomendasi dari perguruan tinggi bersangkutan dan sudah belajar lebih dari satu tahun di perguruan tinggi tersebut, terhitung pada 1 April 2010.

Tanpa diimbuhi ikatan dinas, skema beasiswa ini meliputi tiket pergi-pulang kelas ekonomi Jakarta-Jepang, biaya ujian masuk, biaya kuliah, serta uang pendaftaran kuliah. Penerima beasiswa juga akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar 134.000 yen per bulan dan disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Pendaftaran yang dibuka sejak 16 November 2010 ini akan ditutup pada Jumat (29/1/2010). Proses pelamaran dilakukan secara kolektif dengan rekomendasi dari perguruan tinggi bersangkutan, dan bukan perorangan yang langsung ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Formulir yang telah diisi kemudian dikembalikan dengan dilampiri dokumen yang diperlukan ke alamat: Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang Jl MH Thamrin 24/Jakarta 10350. Semua dokumen harus dituliskan dalam bahasa Inggris atau Jepang di kertas ukuran A4. Ujian tulis bahasa Jepang direncanakan pada 16 Febuari 2010 mendatang.

Informasi beasiswa ini bisa dilihat di www.id.emb-japan.go.jp/schjs.html, sedangkan untuk mengunduh formulirnya silakan diambil di www.id.emb-japan.go.jp/beasjs10.pdf.

sumber: kompas.com