Elektrolux - ITB Gelar Lomba Desain Produk Berhadiah 5.000 Euro

13 April 2010 Berita Pendidikan


BANDUNG, KOMPAS.com - Kerjasama antara perguruan tinggi dan industri harus terus dipererat, yaitu dengan melibatkan akademisi dalam mencari inovasi industri untuk melayani pasarnya. Hal itu salah satunya dibuktikan oleh produsen peralatan rumah tangga Electrolux yang mencari bibit-bibit baru mahasiswa desain produk setingkat S-1 dan S-2 untuk berpartisipasi dalam Lomba Desain Produk Elektrolux 2010.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB Biranul Anas Zaman mengatakan, ITB menyambut baik dan mendukung penuh kompetisi yang dapat memacu daya kreatifitas mahasiswa. "Kami juga berharap, perusahaan-perusahaan lain dapat berpartisipasi melibatkan mahasiswa dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang berkualitas sesuai produk mereka," ujar Anas ditemui Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Bandung, Senin (12/4/2010).

Sementara itu, pihak Elextrolux Indonesia yang diwakili oleh Riza Kristanto mengatakan, kompetisi ini mengajak peserta lomba untuk menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu ide-ide kreatif produk peralatan rumah tangga berkonsep minimalis.

"Kami ingin mencari ide-ide yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di tahun 2050, karena berdasarkan data PBB diramalkan bahwa 74 persen penduduk akan memilih tinggal di daerah perkotaan," ujar Kris.

Adapun tiga kriteria penilaian utama untuk memenangkan kompetisi ini adalah desain produk yang intuitif, inovatif, serta dapat menjawab kebutuhan konsumen.

Kompetisi ini memperebutkan hadiah sebanyak 5.000 Euro atau sekitar Rp 60 juta dan kesempatan mengikuti magang selama 6 bulan di pusat-pusat desain produk Elextrolux yang tersebar di lima negara, antara lain Swedia, Italia, Australia, Brazil, dan Amerika Serikat.

sumber: kompas.com