E-Rapor Mulai Diterapkan di Brebes

2 April 2018 Berita Pendidikan


Sektor pendidikan harus berkembang seiring majunya teknologi informasi dan komunikasi. Tenaga pendidik, murid dan orangtua harus mengikuti laju zaman. Misalnya seperti yang dilakukan SMA Negeri 1 Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sekolah ini mulai memanfaatkan rapor elektronik untuk evaluasi proses belajar mengajar.

Kepala SMA Negeri 1 Bulakamba H Achmad Fatawi mengatakan; "Dengan e-Rapor, sekolah dan pihak luar bisa seperti orang tua. Institusi pendidikan lainnya bisa melihat evaluasi hasil belajar siswa dari ulangan harian, lembar kerja hingga ujian akhir semester. Dengan demikian, orangtua siswa melihat langsung perkembangan anaknya lewat aplikasi yang tersedia. Sebanyak 59 guru dan tata usaha SMA Negeri 1 Bulakamba dilatih cara mengunggah nilai.

Aplikasi ini dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudaan RI. Sekolah yang berdiri sejak 15 September 1991 ini akan menerapkan e-Rapor pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Sekolah sudah menggelar dua kali pelatihan. Diharapkan seluruh guru dan operator bisa mahir mengoperasikan data-data nilai siswa sesuai dengan format yang telah disediakan Kemendikbud.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)