Dunia Pendidikan Kurang Adopsi Alat Digital

5 September 2016 Berita Pendidikan


Pemerhati pendidikan Craig Hansen mengungkapkan tingkat adopsi alat digital di sekolah di Indonesia masih kurang dan perlu ditingkatkan. Ia menambahkan Indonesia berada di peringkat rendah dalam pengadopsian digital.

Banyak pelaku pendidikan masih berpikir bahwa penggunaan teknologi akan memberatkan anggaran pendidikan. Padahal penggunaan alat digital di dunia pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran.

"Indonesia saat ini berada pada tingkat rendah dalam pengadopsian alat digital. Namun beberapa daerah telah menunjukkan usaha yang cukup signifikan dan patut diapresiasi dalam penyebarannya. Sekolah dan guru juga sudah mulai investasi pada ide kreatif yang akan meningkatkan penggunaan alat digital sehingga anggaran tidak terpengaruhi secara drastis, " ujar Craig

Agar pendidikan digital bertumbuh, Craig menilai perlu infrastruktur yang stabil dan sumber daya yang mendukung.

"Banyak yang harus kita perbaiki dalam sistem pendidikan kita. Tetapi potensi yang dimiliki supaya kita dapat memetik manfaat pendidikan digital sangat lah besar dan pada saatnya akan memperbaiki kualitas pendidikan itu sendiri," tambah dia.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)