Dua Robot Unesa Ikuti Kontes di Amerika

25 Maret 2010 Berita Pendidikan


SURABAYA, KOMPAS.com - Robot yang bernama Dewo karya mahasiswa Universitas Surabaya (Unesa) bakal mengikuti kontes robot tingkat internasional yang akan digelar di Amerika, 10-14 April 2010. Sebelumnya, Dewo telah berhasil memenangkan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang digelar di Universitas Gajah Mada pada pertengahan 2009 lalu.

"Karena memenangkan kontes tingkat nasional inilah, kita akhirnya yang bisa mewakili Indonesia untuk bersaing di tingkat internasional di Amerika pada April mendatang," ujar Pembina Tim Robot Dewo Syarifudin Yuhri saat dikonfirmasi, Rabu (24/33/2010). Rencananya, tim robot dari Unesa ini akan berangkat tanggal 7 April 2010.

Perlombaan ini hanya bisa diikuti oleh maksimal dua tim dari satu negara. Jumlah mahasiswa dalam tim robot Dewo ada 20 orang, sedangkan nanti yang akan diberangkatkan ke Amerika hanya lima anggota, yaitu Samsul Huda, Apriliyano Suseno, M Kamim Munir, Mustika Dewi Prihastuti, dan Della Sagita. Mereka nanti akan ditemani para pembina yaitu dari dosen dan beberapa pejabat di lingkungan Unesa.

Robot Dewo adalah robot yang mempunyai tugas untuk menyelamatkan boneka dan meniup lilin, sedangkan di Amerika tugas dari robot adalah mencari lilin di ruang yang sudah ditentukan dan meniup lilin. Saat ini, tim sedang menyesuaikan kemampuan Robot Dewo. "Perubahan yang terjadi tidak signifikan dan hanya menyesuaikan dengan yang diperlombakan," kata Syarif.

Rencananya, tim robot dari Unesa ini akan membuat dua robot yang akan diperlombakan. Sedangkan untuk nama robot, jika dulu bernama Dewo, nanti akan diganti dengan nama Barca dan Barca Kick. Anggaran yang diperlukan untuk membuat robot ini sekitar 284 juta. Pihak kampus sendiri sudah mengeluarkan dana mencapai 300 juta. Sampai saat ini, persiapan tim sudah mencapai 75 persen.

"Yang masih menjadi kendala hanya tentang Vvisa saja," keluhnya. Namun, ia yakin dalam kontes nanti, tim Unesa bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

sumber: kompas.com