DKI Jakarta Pastikan Tidak Ada Kebocoran Soal Ujian Nasional SMP 2015

6 Mei 2015 Berita Pendidikan


Masih santer terdengar akan kebocoran UN jenjang SMA/K sederajat dalam pelaksanaannya kemarin, kali ini Dinas Pendidikan DKI Jakarta memastikan tidak akan terjadi kebocoran naskah soal selama berlangsungnya Ujian Nasional untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP), yakni mulai tanggal 4 hingga 7 Mei 2015.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto meyakini hal tersebut karena pengiriman serta pendistribusian dokumen soal UN dikawal secara ketat oleh aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya, yakni sebanyak 12 personel.

Menurut dia, apabila pengamanan naskah soal di tingkat provinsi dilakukan oleh sebanyak 12 personel dari Polda Metro Jaya, maka hal tersebut berbeda dengan pengamanan naskah soal UN untuk tingkat rayon.

"Pada tingkat rayon, pengamanan soal UN dikawal oleh polres masing-masing wilayah, sesuai jumlah sub rayon. Setiap rayon akan dikawal oleh satu orang polisi. Jadi, ada tujuh rayon SMP yang akan dikawal oleh tujuh aparat kepolisian," ujar Sopan.

Sopan juga menuturkan bahwa penjagaan naskah soal UN pada tingkat sub rayon akan dilakukan oleh polsek, sehingga masing-masing sub rayon akan dijaga oleh dua personel polisi.

"Artinya, akan ada sebanyak 46 anggota polisi yang menjaga sebanyak 23 sub rayon SMP di wilayah DKI Jakarta. Dengan cara demikian, soal-soal UN SMP pada tahun ini dipastikan tidak bocor," kata Sopan.

Selain penjagaan ketat oleh polisi, pemindaian (scanning) lembar jawaban juga dilakukan oleh pihaknya untuk menjaga keabsahan soal-soal UN.

Sementara itu, pendistribusian naskah soal UN SMP di Jakarta dilakukan di lima lokasi, antara lain SMP Negeri 216 untuk wilayah Jakarta Pusat, Kantor Dinas Pendidikan DKI untuk Jakarta Selatan, SMP Negeri 255 untuk Jakarta Timur, SMP Negeri 45 untuk Jakarta Barat dan SMP Negeri 30 untuk Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)