Dinas Pendidikan Solo Bersiap Menerapkan Lima Hari Sekolah

25 Mei 2017 Berita Pendidikan


Pemerintah Kota Solo bersiap-siap menerapkan sekolah lima hari pada tahun ajaran 2017/2018. Seluruh sekolah di Solo diminta membuat dua jadwal alternatif.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati berkata; Kita perintahkan membuat dua jadwal, jadwal enam hari sekolah dan jadwal lima hari sekolah. Menurutnya jadwal disiapkan agar sewaktu-waktu sekolah siap bila lima hari sekolah diberlakukan. Sudah ada persiapan dari jadwal yang dibuat. Jadi tidak kaget. Namun, perubahan hanya berlaku pada hari operasional sekolah. Sedangkan untuk kurikulum, tidak mengalami perubahan. Begitu pula dengan jumlah mata pelajaran.

Kurikulum tetap sama. Kalau masih KTSP ya KTSP, kalau K13 ya pakai itu. Tindak lanjut lainnya, Dinas Pendidikan meminta sekolah menyediakan fasilitas penunjang lima hari sekolah, seperti kantin dan tempat ibadah. Kantin disiapkan untuk mengantisipasi siswa yang tidak membawa bekal. Tempat ibadah juga perlu disiapkan karena jam pelajaran akan lebih panjang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi memastikan, kebijakan lima hari sekolah akan diterapkan mulai tahun ajaran 2017-2018. Menurutnya, akan ada perubahan-perubahan pengorganisasian pembelajaran. Guru wajib berada di sekolah tidak kurang dari 8 jam. Hari sekolah akan diberlakukan lima hari seminggu. Sedangkan, Sabtu dan Minggu diliburkan untuk hari keluarga.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari metrotvnews.com)