Digelar, Festival Film Sains untuk Anak

12 November 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA - Pembelajaran sains yang menyenangkan bagi anak-anak akan hadir di Indonesia. Belajar seraya dapat hiburan lewat film-film sains bisa disaksikan siswa, guru, dan masyarakat umum secara gratis dalam program Festival Film Sains yang digelar di Jakarta pada 16-30 November.

FX Augustin, Direktur Goethe-Institut Indonesia, di Jakarta, Kamis (11/11/2010), menjelaskan, awalnya festival film sains digelar di Thailand sejak lima tahun lalu. dan sudah lebih dari 100.000 pengunjung yang belajar sains lewat film. Menurut dia, perlu untuk membawa anak-anak dan kaum muda sejak dini berhubungan dengan berbagai pertanyaan ilmiah.

"Perlu kita buktikan ke anak-anak bahwa untuk menyingkap berbagai rahasia dan harta karun ilmu pengetahuan dunia ini bukanlah hal yang sulit, namun ringan dan menyenangkan. Film sains ini bisa memberikan inspirasi dan menghibur dalam waktu yang bersamaan," kata Augustin.

Untuk itulah, Festival Film Sains Indonesia 2010 digelar pertama kalinya. Ada 28 film sains menarik dari berbagai negara, termasuk Indonesia, yang bisa dinikmati anak-anak dan masyarakat umum secara gratis mulai 16-30 November 2010.

Festival ini memberikan keceriaan dalam mengkomunikasikan ilmu pengetahuan bagi semua lapisan umur. Festival ini sekaligus hendak menggambarkan bahwa dunia hiburan juga peduli pada pendidikan.

Festival film sains Indonesia digelar di Blitz Megaplex (Pasific Place), Universitas Paramadina , PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah, dan Goethe-Institute. Pemesanan tiket hanya dapat dilakukan lewat email sff@jakarta.goethe.org dan nomor telepon 08589057010 atau 021-23550208 ext 131. Setiap pemutaran film diikuti berbagai aktivitas, kuis, dan percobaan yang dikembangkan tim majalah komik sains Kuark.

Kategori film yang diputar adalah pendidikan keluarga, ekologi dan lingkungan, ilmu pengetahuan alam, fisika, dan teknologi, budaya dan sejarah. Semua film disulihsuarakan ke dalam bahasa Indonesia. Informasi lebih lanjut tentang Festival Film Sains Indonesia 2010 bisa dilihat di laman www.goethe.de/sciencefilmfestival.

Sumber: kompas.com