Dicari Guru Berprestasi Tingkat Kalsel

6 Juli 2010 Berita Pendidikan


BANJARMASIN - Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel mulai menggelar seleksi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat provinsi, se-Kalimantan Selatan. Seleksi dilaksanakan di LPMP Banjarbaru selama tiga hari sejak Senin (5/7/2010).

Seleksi ini merupakan kelanjutan dari seleksi tingkat kabupaten dan kota yang telah diumumkan hasilnya di masing-masing daerah beberapa waktu lalu. Peserta seleksi tingkat provinsi adalah pemenang pertama di tiap kabupaten dan kota.

Sekretaris Disdik Provinsi Kalsel, Herman Taupan, mengatakan yang terbaik di kabupaten dan kota di KalSel berhak mengikuti seleksi tingkat provinsi. Nantinya, mereka yang terpilih menjadi terbaik di tingkat provinsi juga akan mewakili Kalsel dalam seleksi tingkat nasional yang akan dilaksanakan Agustus mendatang di Jakarta. "Tiap daerah tingkat II mengirimkan satu perwakilan terbaik dari tiap kategori yang akan diseleksi," ujarnya.

Selanjutnya, selama tiga hari peserta akan dikarantina di LPMP untuk mengikuti serangkaian kegiatan seleksi yang sudah diagendakan oleh panitia.

Menurut Herman ada beberapa tahapan seleksi. Tahap pertama yakni penilaian dokumen yang sudah ditentukan oleh panitia seleksi. Selanjutnya tes tertulis yang menguji kemampuan wawasan peserta dan kepribadiannya. Ada pula tes wawancara dan presentasi karya tulis.

Mereka yang terbaik dari tiap kategori akan mendapat sertifikat dan uang pembinaan. Terbaik pertama mendapatkan Rp 7 juta, terbaik kedua mendapatkan Rp 6,5 juta, dan terbaik ketiga mendapatkan Rp 6 Juta.

Pemenang yang akan menjadi wakil Kalsel dalam seleksi tingkat nasional akan mendapat fasilitas akomodasi gratis yang ditanggung dari dana APBD. "Jadi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah serta tenaga kependidikan berprestasi terbaik Kalsel hanya perlu mempersiapkan mental dan kemampuan terbaiknya," tegas Herman.

Adapun tim juri yang bertugas terdiri dari tim Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, tim LPMP, tim Unlam, tim Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS), tim psikolog dan tim dari Musyawarah Kelompok Pengawas sekolah (MKPS).

Herman berharap dengan diadakan seleksi ini bisa membina dan mencari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan tenaga kependidikan berprestasi yang mempunyai dedikasi yang baik dan bisa membawa nama baik Kalsel untuk tingkat nasional.

Kabid PMPTK Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Rujali, mengatakan pihaknya telah mendaftarkan dan mempersiapkan wakil dari Kota Banjarmasin. "Sebelum ikut seleksi tingkat provinsi, kita berikan pembekalan dari tim Disdik sendiri dan dari Unlam Banjarmasin," imbuhnya.

Pihaknya berharap wakil dari Banjarmasin bisa lolos seleksi dan bisa mewakili Kalsel dalam seleksi tingkat nasional.(kk)

Sumber: banjarmasinpost.co.id