Dibuka, Humphrey Fellowship ke Amrik

26 April 2010 Berita Pendidikan


KOMPAS.com Program beasiswa Hubert H Humphrey kembali dibuka dan ditawarkan kepada para profesional tingkat menengah Indonesia untuk mengambil program nirgelar. Pendaftar yang diutamakan umumnya adalah tenaga administrator dalam posisi memimpin dan berpengalaman kerja sedikitnya lima tahun di lembaga publik atau swasta nirlaba, termasuk lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang berkomitmen pada pelayanan masyarakat.

Program ini menggabungkan perkuliahan tingkat pascasarjana dengan kegiatan pengembangan keprofesionalan di Amerika Serikat (AS) selama 9 bulan. Kandidat yang lolos akan ditempatkan di satu dari 18 universitas di AS yang memiliki fakultas dan jurusan sesuai dengan bidang-bidang pilihan beasiswa ini.

Skema untuk beasiswa ini meliputi, antara lain, biaya transportasi pergi-pulang Jakarta-AS-Jakarta, uang kuliah, serta biaya hidup selama kuliah. Bagi yang tertarik, selain bergelar sarjana (S-1) dengan IPK minimal 2,75 (pada skala 4,00), pelamar/kandidat harus memiliki ITP/iBT TOEFL minimal 525 atau IELTS 5.5.

Adapun bidang-bidang studi yang direkomendasikan untuk beasiswa ini, antara lain, teknologi pangan/pertanian, komunikasi/jurnalistik, studi pembangunan ekonomi, perbankan dan keuangan, sumber daya manusia, analisis kebijakan dan administrasi publik, manajemen dan kebijakan teknologi, perencanaan daerah dan perkotaan, serta manajemen dan kebijakan kesehatan masyarakat (termasuk bidang pendidikan dan kebijakan pencegahan dan penularan HIV/AIDS).

Informasi selanjutnya bisa langsung ditelusuri di situs ini dan ini.

sumber: kompas.com