Di Tangerang Ratusan Sekolah Belum Terakreditasi

10 April 2015 Berita Pendidikan


Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Tangerang Zaenudin mengatakan, sebanyak 280 dari 340 SMA dan SMK belum terakreditasi.

"Kami berupaya untuk mendorong agar pimpinan sekolah mengurus akreditasi itu supaya meningkatkan mutu pendidikan," katanya di Tangerang.

Pihaknya mengharapkan sekolah yang ingin melakukan akreditasi melalui tahapan seperti menyangkut standar proses, tenaga pendidik, proses, sarana dan prasarana. Sekolah yang belum memiliki akreditasi itu masing-masing sebanyak 140 untuk SMA dan SMK negeri dan swasta.

Ia juga mengungkapkan, sebanyak 77 SMP di Kabupaten Tangerang, Banten, terpaksa bergabung dengan sekolah terdekat untuk menggelar Ujian Nasional (UN), akibat belum memiliki izin operasional dan akreditasi.

"Dari 328 SMP di wilayah ini maka yang mampu hanya 251 SMP," katanya.

Jika sekolah telah memiliki akreditasi, maka sebaiknya dilakukan peningkatan status seperti kategori B menjadi A atau C menjadi B. "Pimpinan sekolah jangan cepat puas dengan akreditasi yang sudah diperoleh apalagi hanya katagori C," katanya.

Salah satu syarat sekolah dapat mengelar UN yakni memiliki akreditasi serta mempunyai izin operasional .

Pihaknya sudah mengumpulkan para kepala sekolah menyangkut penyelenggaraan UN bahkan melakukan sosialisasi kepada para guru dan siswa agar mereka mempersiapkan diri dengan baik.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)