Di Surabaya, Sekolah Mulai Gelar Try Out UN

9 Januari 2012 Berita Pendidikan


SURABAYA - Pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk siswa SMA masih akan digelar tiga bulan mendatang, tepatnya 16-19 April 2012. Namun, sejumlah sekolah di Surabaya sudah melakukan serangkaian persiapan untuk mempersiapkan anak didiknya menghadapi ujian penentu kelulusan tersebut.

Beberapa sekolah bahkan sudah secara khusus mempersiapkan UN dengan program UN bagi para siswanya. Salah satunya SMAN 2 Surabaya, yang menyatakan serius membekali para siswanya menghadapi UN. SMA berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ini menggelar try out online secara rutin.

Seminggu sekali, siswa akan mengerjakan try out UN secara online. Minggu ini akan kita coba,kata Kepala SMAN 2 Surabaya, Kasnoko, Senin (9/1/2012), di Surabaya, Jawa Timur.

Latihan dilakukan secara online di ruang lab komputer. Masing-masing siswa mengerjakan soal melalui laptop atau komputer. Soal try out diberikan secara acak, sehingga berbeda antara siswa yang satu dengan siswa lainnya.

Bentuk soalnya pilihan ganda atau multiple choice. Begitu selesai mengerjakan sesuai waktu yang ditentukan, nilai akan langsung diketahui. Ini membiasakan anak-anak mandiri. Juga agar semua siswa serius menyiapkan diri, tambah Kasnoko.

Selain SMAN 2 Surabaya, SMAN 5 juga melakukan hal yang sama. SMA yang juga berlabel RSBI ini menggelar persiapan khusus untuk menghadapi UN dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Namanya Pengembangan Prestasi Akademik (P3A). Khusus persiapan UN dan masuk PTN, kata Kepala SMAN 5 Suhariono.

Sumber: kompas.com