Delapan Siswa SMA ke Olimpiade Fisika Asia di Taiwan

16 April 2010 Berita Pendidikan


Jakarta, 15/4/2010 (Kominfo-Newsroom) Indonesia mengirim delapan siswa SMA ke ajang Olimpiade Fisika Asia Ke-11 atau 11th Asian Physics Olympiad (APhO) pada 23 April-1 Mei 2010 di Taipei, Taiwan. Mereka terpilih mewakili Indonesia setelah lolos seleksi mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota hingga tingkat provinsi.

Dirjen Mandikdasmen Kemdiknas RI Suyanto (tengah) bersama anggota kontingen Indonesia para siswa SMA ke Olimpiade Fisika Asia ke-11 di Taiwan usai acara pelepasan di Gedung Kemdiknas RI di Jakarta, Kamis (15/4). Pelepasan tim Indonesia secara resmi ke Olimpiade Fisika Asia di Taiwan itu dilakukan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen Mandikdasmen, Kemendiknas) Suyanto di Gedung Kemendiknas RI di Jakarta, Kamis (15/4/).
Suyanto pada kesempatan itu meminta seluruh anggota tim berjuang meraih prestasi dan penghargaan terbaik. Saudara semua adalah duta bangsa, karena itu Saudara harus berjuang untuk meraih prestasi terbaik, katanya.
Ia menjelaskan, peserta yang meraih prestasi terbaik dan meraih medali emas akan memperoleh penghargaan Satyalancana Wira Karya dari pemerintah dan negara yang akan langsung diserahkan oleh presiden.
"Bukan itu saja, Saudara juga akan mendapatkan beasiswa penuh dari negara hingga menyelesaikan pendidikan tingkat doktoral di perguruan tinggi di dunia, apakah itu di Universitas Harvard atau di Massachusetts Institute of Technology," katanya.
Sementara itu ketua kontingen Indonesia, Hendra Kwee menyebutkan, delapan siswa yang akan berjuang di Taiwan telah siap tempur. Saingan terberat datang dari China dan tuan rumah Taiwan, meskipun China kemungkinan tidak akan mengirimkan timnya, katanya.
Ia menjelaskan, pada penyelenggaraan Olimpiade Fisika tahun 2009 lalu di Thailand, kontingen Indonesia merebut dua medali emas. Tahun 2010 ini pun kami menargetkan dapat meraih dua medali emas, katanya.
Kedelapan anggota siswa tim Indonesia ke Taiwan adalah Ahmad Ataka Awwalur Rizqi (siswa SMAN 3 Yogyakarta), Ali Ikhsanul Qauli (SMAN 1 Pamekasan, Jawa Timur), Christian George Emor (SMA Lokon St.Nikolaus Tomohon, Sulawesi Utara), David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang, Banten), dan Evan Laksono (SMAK IPEKA Tomang, DKI Jakarta).
Kemudian Kevin Soedyatmiko (SMAN 12 Jakarta), Muhammad Sohibul Maromi (SMAN 1 Pamekasan, Jawa Timur), dan Podianko Surya (SMAK 1 Penabur, DKI Jakarta).
Negara-negara yang dipastikan akan mengirimkan kontingennya di ajang APhO ke-11 adalah Australia, Hong Kong, India, Indonesia, Israel, Yordania, Kazakhtan, Kirgistan, Macao, Malaysia, Mongolia, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turkmenistan, Vietnam, dan Taiwan. (T.Ad/ysoel)Sumber: bipnewsroom.info