Dani Raih Perak OSN Fisika Medan

10 Agustus 2010 Berita Pendidikan


PAMEKASAN - Siswa SMAN 3 Pamekasan, A Labib Fardani, meraih medali perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang fisika tingkat SMA yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional di Medan mulai 2 sampai 7 Agustus lalu.

Pada ajang itu, Pamekasan mengutus dua siswa SMAN 3 Pamekasan, Labab Fardani (Dani) dan Hammas Hamzah Kuddah (Hammas). Keduanya menjadi duta Jatim dalam OSN setelah menjadi pemenang dalam OSN tingkat Provinsi Jatim.

Namun, hanya Dani yang meraih medali, yakni medali perak. Sedangkan Hammas yang menjadi peserta termuda karena masih kelas I SMA belum berhasil. Keberhasilan Dani merebut medali perak ini merupakan medali tertinggi yang selama ini diraih siswa Pamekasan dalam OSN. Sekalipun selama ini banyak siswa asal Pamekasan yang berhasil meraih prestasi olimpiade tingkat dunia, namun saat OSN tingkat nasional mereka paling tinggi hanya meraih medali perunggu.

Pamekasan dikenal penghasil siswa berprestasi. Sebelum Dani, Andi Oktavian Latief, meraih medali emas Olimpiade Fisika Internasional di Singaura 2006. Ali Ikhsanul Qauli meraih medali perunggu pada olimpiade fisika tingkat Asia di Bangkok 2009. M Sahibul Maromi meraih medali emas pada olimpiade fisika internasional 2010 di Kroasia.

Kepala SMAN 3 Pamekasan Drs Moh Nurkomari mengatakan, keberhasilan Dani meraih medali perak merupakan prestasi yang membanggakan bagi sekolah dan masyarakat Pamekasan. Meski demikian, Dani masih akan menghadapi tugas berat selanjutnya yakni akan mengikuti seleksi 30 besar peraih medali OSN untuk menjadi tim Indonesia dalam olimpiade fisika tingkat Asia dan internasional. mas

Sumber: surabayapost.co.id