Dana Tunjangan untuk Guru Bersertifikasi Sebesar Rp 31 M Akan Segera Cair!

22 Juli 2014 Berita Pendidikan


Berita menggembirakan datang dari Kota Malang. Pasalnya ribuan guru yang bersitifikasi bakal mendapatkan tunjangan profesi guru menjelang lebaran ini. Sebanyak 3.459 guru sudah diajukan mendapatkan dana tunjangan dengan jumlah yang cukup besar yakni sekitar Rp. 31 miliar. Jianto, Kepala Seksi Fungsional Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang mengatakan apabila Disdik sudah mengajukan pencairan dana ke Pemkot Malang. Prosesnya berlangsung sekitar satu minggu setelah itu dana sudah dapat dicairkan ke rekening guru.

Lebih lanjut Jianto mengatakan bahwa sebenarnya tunjangan tersebut sudah cair pada bulan Juni lalu. Tetapi waktu itu masih dalam tahap verifikasi sehingga pencairannya baru dapat dilakukan pada bulan Juli ini. Namun Jianto mengatakan bahwa mereka tidak dapat menjanjikan kapan tepatnya dana yang bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan cair karena itu merupakan kewenangan pemkot. Tapi ia meyakini bahwa tidak akan lama lagi dana tersebut akan cair.

Dana yang saat ini sudah berada di Kas Daerah (Kasda) Pemerintah Kota Malang akan dicarikan bertahap. Pada gelombang pertama, pencairan dilakukan sebanyak 3 tahap karena Surat Keputusan (SK) penerima dari Kemendikbud dikeluarkan secara bertahap. Namun untuk berikutnya akan dicairkan langsung. Pencairan dana ini sudah lama dinantikan oleh para guru yang telah mendapatkan dana sertifikasi.

Untuk mendapatkan tunjangan ini para guru harus mengikuti beberapa persyaratan diantaranya mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG). Syarat lainnya adalah para guru minimal harus mempunyai jam mengajar minimal 24 jam dalam sepekan. Persyaratan ini diberlakukan mengingat nominal tunjangan yang akan didapat lumayan besar yakni sama dengan gaji pokok. Sebagai ilustrasi, jika rata-rata gaji pokok guru Rp 3 juta setiap bulan, maka mereka mendapatkan Rp 9 juta setiap tiga bulan

Oleh: Indra K
(Dikutip dari jpnn.com)