Dalam Negeri Ditolak, UN Justru Diakui Negara Tetangga?

28 Januari 2015 Berita Pendidikan


Banyk sekali tokoh - tokoh pendidikan dalam negeri berpendapat Ujian Nasional (UN) dihapus. Namun UN Indonesia ternyata diakui oleh negara - negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Australia. Bahkan beberapa diantaranya menggunakan UN sebagai syarat masuk perguruan tinggi.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam mengatakan, tidak hanya perguruan tinggi di Indonesia yang menjadikan UN untuk seleksi masuk, perguruan tinggi di luar negeri pun juga memberlakukan hal yang sama bagi calon mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi mereka.

"Ujian nasional kita sudah diakui oleh negara-negara sahabat," tegas Nizam. University of Hongkong, tutur Nizam, telah mengakui UN sebagai salah satu pertimbangan masuk ke perguruan tinggi tersebut. "University of Hongkong menggunakan passing grade untuk mendaftar di sana 8,5," kata Nizam.

Tidak hanya dari negara-negara di Asia, apresiasi terhadap UN bahkan juga datang dari Australia. "Apresiasi mengenai pelaksanaan UN di Indonesia pun disampaikan oleh delegasi Australia ketika berkunjung ke Puspendik," tutur Nizam.

Nizam mengatakan Kemendikbud akan terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan UN. Sehingga semakin banyak negara yang mengakui nilai UN di Indonesia.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)