Cirebon Alami Kekurangan 600 Guru PNS

9 Januari 2017 Berita Pendidikan


Anwar Sanusi selaku Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BK Diklat) Kota Cirebon mengatakan bahwa kiranya Cirebon masih mengalami kekurangan 600 guru pegawai negeri sipil (PNS).

Dari sekian banyak guru PNS tersebut, jumlah yang paling banyak kekurangan guru adalah pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Sanusi mengatakan bahwa guru SD sendiri masih kekurangan 400 orang, guru SMP kekurangan sebanyak 116 orang dan juga guru SMA kekurangan 84 orang.

Sanusi juga merincikan kebutuhan minimal guru SD yakni sebanyak 1.384 orang yang terdiri dari 1.009 guru kelas,145 guru agama, 140 guru pendidikan jasmani dan kesehatan serta 90 guru muatan lokal.

Lain dari pada itu, jumlah total guru SMP dari 18 SMP Negeri saat ini tercatat sebanyak 641 orang, padahal jumlah kebutuhan guru SMP saat ini sebanyak 757 orang.

Sedangkan untuk SMA sendiri, jumlah guru dari 9 SMA di Kota Cirebon saat ini tercatat sebanyak 458 orang dan jumlah kebutuhan sebanyak 540 orang guru.

Jaja Sulaeman, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon turut mengatakan bahwa kekurangan guru terbanyak ada di tingkat SD. Sejumlah sekolah bahkan hanya memiliki tiga atau empat guru berstatus PNS.

Menurut Jaja, setidaknya satu sekolah minimal harus memiliki enam guru kelas, satu guru bidang studi, satu orang kepala sekolah dan satu penjaga sekolah.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)