Ciptakan Website, Siswa Dikirim ke Turki

2 Maret 2011 Berita Pendidikan


SIDOARJO - M Shobrun Ibnu Atfal (16) dan Bakhtiar Ramadhan (16), dua siswa SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Jaw Timur, yang meraih juara di ajang Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) tahun 2011 segera dikirim ke Turki. Keduanya dikirim atas prestasinya menciptakan desain situs 'Web Untuk Guruku'.

Bersama ratusan karya siswa SMA se-Indonesia, karya mereka telah dinilai tim juri dalam ajang ISPO yang digelar di kampus UI, 23-25 Februari lalu. Hasilnya karya berupa alat pembelajaran itu menjadi salah satu juara dalam kategori bidang komputer.

"Web itu kami desain selama dua minggu," cetus Shobrun, Senin (28/2/2011) kemarin.

Mereka berharap, situs tersebut mampu memudahkan guru menjelaskan pelajaran di kelas. Tahap awal, situs didesain berisi ringkasan sejumlah mata pelajaran IPA, di antaranya Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika. Karya dua siswa itu muncul setelah sebelumnya mereka kerap dicurhati para gurunya yang pernah kesulitan jika menerangkan materi dan rumus tertentu sebuah mata pelajaran.

Ajang ISPO digelar PASIAD Indonesia, yaitu lembaga kerjasama Indonesia-Turki bekerjasama dan Kementerian Pendidikan Nasional, serta LIPI dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.
"Kami berharap mereka juga meraih prestasi serupa saat di Turki nanti," ujar Hidayatullah, Kepala SMAMDA Sidoarjo.

Sumber: SURYA. kompas.com