Ciptakan Pendidikan Lebih Baik, Kemdikbud Seameo Kembangkan Riset Bersama

26 November 2015 Berita Pendidikan


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) kini tengah melakukan pengembangan riset dalam upaya mengurangi masalah pendidikan di Tanah Air dan Asia Tenggara.

Upaya ini dibilang sangat strategis mengingat jika dapat menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia, 50 persen permasalahan pendidikan di Asia Tenggara juga akan berpengaruh. Hal ini dipicu oleh jumlah peserta didik Indonesia yang sangat banyak sehingga Indonesia menjadi pusat perhatian SEAMEO. Begitulah yang dikatakan oleh Direktur SEAMEO, Gatot Hari Priowirjanto.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, menuturkan ajang tersebut menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mengadopsi dan juga mengembangkan gagasan terkait kebijakan pendidikan yang telah dikembangkan di sejumlah negara-negara Asia Tenggara lainnya.

"Agar kebijakan-kebijakan yang dilakukan di Indonesia, merefleksikan dari agenda prioritas yang menjadi fokus SEAMEO. Ini juga kami gunakan untuk bercermin, karena berbicara mengenai tantangan di ASEAN, maka kita juga bicara tentang tantangan di dalam negeri," ujar Anies.

Hal ini diharapkan menjadi kesempatan berharga dalam menghasilkan gagasan juga pembaharuan dalam dunia pendidikan. Tidak hanya meneruskan agenda yang sudah ada, kegiatan ini juga harus menciptakan cara pembelajaran baru berbasis teknologi. Di mana nantinya setiap negara tidak hanya saling belajar, namun juga bisa menyiapkan masa depan demi menciptakan pendidikan yang lebih baik.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)