Ciptakan Lingkungan Sehat, 91 SD di Purwoketo Digabung

16 Maret 2016 Berita Pendidikan


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mulai meminimalisir jumlah sekolah tingkat sekolah dasar (SD). Bangunan SD yang berdekatan dalam satu komplek akan digabung.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Purwanto mengatakan saat ini udah ada 91 sekolah yang sudah dimerge. Awalnya, jumlah SD 427 unit sekarang sudah 336 unit.

"Yang sudah di-merger baru 91 sekolah berstatus negeri. Awalnya, jumlah SD tersebut mencapai 427 unit. Setelah di merger menjadi 336 unit,"ujar Purwanto.

Ia juga mengungkapkan tujuan meminimalisir jumlah SD yakni menciptangan lingkungan yang sehat. Persaingan SD di lingkungan komplek tidaklah sehat. "Makanya, dari pada ada persaingan tak sehat, mending digabungkan saja jadi satu,"jelas dia.

Tujuan lainnya adalah meminimalisi kebocoran anggaran. Kebocoran yang dimaksud salah satunya adalah dana BOS. Misalkan, dalam satu komplek terdapat delapan SD, lalu tingkat kebocoran BOS minimal 10%, berarti anggaran yang bocor dari delapan SD it ujika ditotalkan jadi sangat besar. Maka dari itu lebih baik digabung, sehingga kebocoran lebih kecil.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)