Ciptakan Insan Ulil Albab, UII Berikan Beasiswa Gratis bagi Penghafal Alquran

7 Februari 2015 Berita Pendidikan


Upaya menciptakan mahasiswa menjadi insan yang berbudi pekerti luhur dan berintelektualitas Muslim kini tengah dilakukan oleh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII). UII memberikan beasiswa bagi mahasiswanya yang menjadi penghapal Al-qur’an berupa bebas biaya pendidikan hingga lulus.

Sebagai insentif tambahan, Direktur Kemahasiswaan Universitas Islam Indonesia (UII) Beni Suranto memaparkan bahwa beasiswa yang nanti diberikan tersebut sudah termasuk living cost.

Sebagai universitas bercorak keislaman, UII terus berupaya mencetak insan-insan intelektual Muslim yang tidak hanya piawai dalam menguasai aspek keilmuan akademis tetapi juga pengetahuan keagamaan.

"Hal itu sejalan dengan cita-cita pendiri UII yang menginginkan agar kampus kebangsaan tersebut dapat menghasilkan insan ulil albab sekaligus cendekiawan Muslim," papar Beni.

Demi mendorong para mahasiswanya untuk mampu menjadi insan yang memiliki karakter luhur tersebutlah yang membuat UII terus berupaya untuk terus mendorong para mahasiswanya. Salah satunya ialah dengan memberikan beasiswa tersebut bagi para mahasiswanya yang memiliki prestasi.

"Jika biasanya prestasi identik dengan hal yang bersifat akademis, beasiswa prestasi yang ada di UII juga mencakup beasiswa bagi para mahasiswa yang menjadi penghapal Al Quran," ujarnya.

Hal tersebut merupakan wujud apresiasi UII kepada para mahasiswanya agar semakin terdorong untuk mencetak prestasi.

Skema beasiswa di UII sendiri terbilang banyak. Namun, yang unik ialah skema beasiswa hafidz/hafidzah. Program yang dimulai sejak 2013 tersebut dibagi dalam kategori yaitu hafalan 30 Juz dan 15 Juz.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)