Cara Belajar Tepat ala Mindchamps

28 Desember 2009 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin tahu bagaimana cara belajar yang tepat? Menurut David Chiem, pendiri lembaga pengembangan pola pikir internasional MindChamps, inti dari kegiatan belajar yang tepat adalah mempelajari bagaimana cara belajar, bukan apa yang dipelajari.

"We must learn how to learn not what you learn," ujar David usai menobatkan Bams Samson sebagai Youth Fellow of MindChamps di Rumah Ranadi, Jeruk Purut Jakarta, Minggu (27/12/2009).

Menurut David, MindChamps, lembaga yang ia dirikan mampu membantu siswa mengingat informasi dalam jangka panjang untuk kemudian juga mampu memanggil kembali informasi yang mereka ingat secara tepat.

"Ada banyak teknik untuk mengerti sebuah informasi. Kami tidak mengajarkan konten namun mengajarkan bagaimana teknik yang benar dalam menyimpan informasi. Dengan demikian siswa akan senang. Jika kita mengetahui bagaimana cara melakukan sesuatu, maka kita akan melakukannya dengan senang," ujar David.

Konsep belajar MindChamps menggunakan tiga pendekatan. Pertama pendekatan champion mind yang membantu murid menemukan sesuatu yang unik dari dirinya. "Seperti Bams Samsons, uniknya dia adalah bintang rock," imbuh David mencontohkan.

Kedua, pendekatan creative mind yang membantu siswa mengolah atau menggunakan informasi yang ia simpan dengan kreatif. "Informasi itu banyak jumlahnya dan mudah didapat. Semakin banyak, semakin rendah nilainya, sama halnya dengan batu permata. Untuk itu, informasi yang banyak tersebut harus dikreasikan," kata David.

Ketiga, pendekatan learning mind yang membantu siswa mengerti bagaimana cara belajar yang benar. Ketiga pendekatan tersebut dikenal sebagai new brain software. Selain menerapkan cara belajar baru, MindChamps juga memiliki program untuk meningkatkan kepribadian siswa, kemampuan komunikasi dan menjalin hubungan interpersonal, serta menyediakan workhsop bagi orangtua murid dalam mendukung siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman di rumah.

MindChamps merupakan lembaga pendidikan internasional yang tersebar di beberapa negara yang didirikan oleh David Chiem bekerja sama dengan Profesor Allan Snyder seorang ahli syaraf ternama di dunia.

Seperti yang diberitakan, Bams Samsons yang lulus dari MindChamps pada 2003 dinobatkan sebagai Youth Fellow of MindChamps, Minggu (27/12/2009). Menurut Bams, metode belajar MindChamps telah membuatnya keluar dari ketidaknyamanan. "MindChamps membantu saya di situ, dia mengajarkan cara belajar yang membuat orang mudah belajar," ujar Bams.

C12-09

Editor: wah

sumber; kompas.com