Bupati: Semua Guru Ngaji Dapat Honor Tahun 2010

11 September 2009 Berita Pendidikan


GORONTALO-Bupati Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) Ismet Mile mengatakan untuk tahun 2010 nanti semua "guru ngaji" di wilayah tersebut akan diberi honor oleh Pemerintah Daerah.

Menurut dia, kebijakan tersebut akan sangat mendukung pengembangan Sumber daya Manusia (SDM), serta unsur keagamaan di daerah tersebut, yang saat ini dinilai masih perlu untuk ditingkatkan.

"Pemkab akan segera menganggarkan honor seluruh guru ngaji di Bonbol tahun 2010 nanti," kata Ismet, Kamis.

Dia menjelaskan perhatian pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat Bonbol yang agamais, dilakukan sangat serius dan tentunya melibatkan seluruh komponen yang ada. "Jika sebelumnya iman mesjid yang telah mendapatkan honor, maka akan diikuti oleh guru ngaji," kata Ismet.

Dia menjelaskan pemerintah juga memprogramkan agar mulai tahun depan semua mesjid yang ada di daerah tersebut harus mempunyai taman pengajian Alquran (TPA), untuk membantu masyarakat baca tulis kitab suci tersebut.

Dia mengatakan saat ini di daerah tersebut sudah ada program Bone Bolango Iqra, semua harus tahu baca tulis Alquran, sehingga pemerintah daerah memberikan perhatian yang sangat serius.

Selain untuk setiap mesjid, pemerintah juga akan memprogramkan agar di setiap dusun harus ada dua orang guru ngaji, artinya sekarang ini terdapat 500 dusun tersebar di 17 kecamatan akan ada 1000 orang "guru ngaji".

"Program tersebut juga punya tujuan untuk memberantas buta huruf Alquran," kata Ismet, namun tidak menyebutkan secara rinci berapa honor yang akan diterima guru ngaji setiap bulan. ant/pur

Sumber: Republika Online