Bupati Lantik 493 Kepala Sekolah

15 Januari 2010 Berita Pendidikan


KARAWANG,(GM)-Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar melantik dan mengambil sumpah 493 guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah di tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK.

"Pelantikan ini merupakan implementasi amanat permendiknas tentang periodisasi masa jabatan kepala sekolah, yang diberlakukan sejak beberapa tahun lalu," ujarnya dalam sambutan pelantikan di Pemda Plaza Karawang, Kamis (14/1).

Dadang S. Muchtar mengatakan, para guru yang saat ini dipercaya sebagai kepala sekolah hendaknya dapat mensyukuri nikmat. "Salah satunya adalah dengan menunjukkan kinerja yang baik," ujarnya.

Selanjutnya Dadang mengatakan, kepala sekolah bukan jabatan pokok dan utama, melainkan tugas tambahan yang diberikan kepada seorang guru. Oleh karena itu, setelah menjadi kepala sekolah harus tetap mempertahankan tugas pokok dan fungsi sebagai seorang guru, yaitu mengajar. "Secara harkat dan martabat, menjadi seorang guru dan mengajar tentunya lebih tinggi dan mulia daripada kepala sekolah," jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, diinstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang untuk selalu memeriksa para kepala sekolah yang tidak lagi mengajar. "Mentransfer ilmu kepada para siswa sehingga mereka menjadi pandai merupakan tugas yang mulia. Bahkan saya, meskipun telah menjadi bupati, masih terus mengajar di mana-mana," imbuhnya.

Menurut Dadang, sebagai guru yang dipercaya untuk mengemban tugas tambahan, para kepala sekolah hendaknya mampu menjalankan manajemen yang baik. Harus mampu mengelola dan mengatur personel, barang, dan aturan yang ada. "Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi kepala sekolah yang tidak sempat mengajar karena kesibukannya sebagai kepala sekolah," tambahnya.

Dadang berharap para kepala sekolah, baik yang baru dilantik maupun yang telah mengalami periodisasai, hendaknya dapat mencontoh mantan Kepala Dinas Pendidikan, Yan Zuwarsyah. Meskipun menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, namun dengan jiwa besar ia ingin kembali menjadi guru. (B.56) Sumber: klik-galamedia.com