Browsing Internet Sebabkan Disfungsi Otak

22 September 2011 Berita Pendidikan


Browsing di internet ternyata mengubah cara otak kita bekerja dan mengurangi kemampuan untuk berpikir dan berkonsentrasi. Peringatan itu disampaikan seorang psikolog terkemuka di Inggris.

Sheila Keegan mengatakan bahwa penggunaan internet jangka bahkan dapat menyebabkan disfungsi otak. "Kita menghabiskan semakin banyak waktu di internet dan. Alhasil, otak kita kembali berpikir dangkal," katanya seperti dikutip Herald Sun. "Konsentrasi kita pun akan lebih mudah terganggu," tambahnya.

Studi lanjutan juga menyimpulkan bahwa kecanduan internet dalam jangka panjang akan mengakibatkan disfungsi kronis otak. Dr Keegan mengatakan penelitian di AS juga telah mengungkap beberapa anak berusia lima tahun menghabiskan waktu hingga 6 jam sehari di depan layar komputer.

Dengan semakin lamanya periode yang dihabiskan anak sendirian di depan TV atau komputer, ini bisa berarti anak-anak muda tidak mengembangkan keterampilan sosial yang mereka dibutuhkan untuk kemudian hari. "Anak-anak perlu memiliki keseimbangan yang baik. Mereka dapat belajar banyak dari internet," katanya. Penelitian ini dipresentasikan pada konferensi Pemasaran Australia dan Penelitian Sosial di Sydney.

Sumber: Mediaindonesia.com