BOS Terbatas, Sekolah Tekan Biaya Pengeluaran

2 Februari 2011 Berita Pendidikan


BANYUMAS - Keberadaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dikucurkan pemerintah untuk operasional kegiatan belajar mengajar di sekolah, dinilai sebagian kalangan cukup membantu. Namun akan berbeda bagi sekolah-sekolah dengan jumlah siswa sedikit.

Besarnya dana BOS yang dialokasikan ke tiap sekolah disesuaikan dengan jumlah siswa. Semakin banyak jumlah siswa, makin besar dana BOS yang diterima atau sebaliknya, bila jumlah siswa sedikit, dana yang diterima juga kecil. Sedangkan, biaya operasional tiap sekolah sama besarnya.

Di SMP YPE Patikraja, dengan siswa 102 orang, dana BOS yang diterima sekolah ini relatif sedikit dibandingkan dengan sekolah-sekolah favorit di pusat kota. "Sebab rata-rata jumlah siswa di sekolah favorit mencapai 500 siswa, bahkan lebih," jelas Kepala SMP YPE Patikraja, Sudiran SPd.

Menurutnya, dengan minimnya dana yang diperoleh, pihaknya harus pandai-pandai meminimalkan biaya pengeluaran sekolah, serta kegiatan pendukung kegiatan belajar mengajar. Selama ini sekolah tidak bisa berbuat banyak, sebab untuk menarik iuran dari siswa tidak mungkin. "Saya tidak berani kalau harus menarik iuran. Justru selama ini kami yang masih membantu mereka," ungkapnya.

Terkait dengan kondisi ini, menurut dia, sekolah dengan jumlah siswa relatif sedikit perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah. Kalau perlu perhatiannya harus lebih dibandingkan dengan sekolah lain yang sudah mapan dan maju.

Sumber: suaramerdeka.com