Berita Pendidikan
10 Januari 2011

BOS SMA Dinilai Tidak Efektif

BANDUNG - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Prof. Wahyudin Zarkasyi menuturkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA yang selama dua tahun terakhir dialokasikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dianggap tidak efektif dalam membantu siswa SMA. Oleh karenanya, mulai tahun ini kebijakan BOS SMA tersebut dihapus dan dialihkan menjadi program beasiswa dan pembangunan Ruang Kelas Baru.

"Meskipun kebijakan yang baru ini juga tidak bisa menjangkau semua siswa, tetapi kami harus berani membuat suatu perubahan. Setiap kebijakan kami evaluasi dan kami amati dua tahun ini tidak efektif," kata Wahyudin saat dihubungi Sabtu (8/1).

Menurut Wahyudin, selama ini bantuan untuk siswa SMA yang langsung diberikan kepada sekolah dan seluruh siswa tanpa kecuali, tidak signifikan dalam membantu anak-anak SMP untuk meneruskan jenjang ke tingkat SMA. Sebab masalah yang sebenarnya menghambat anak anak di Jawa Barat untuk meneruskan studi ke tingkat menengah atas adalah ketidak mampuan dalam membayar dana sumbangan pendidikan selain juga tidak tersedianya ruang kelas yang cukup banyak di sekolah untuk menampung seluruh siswa.

"Oleh karena itu kami alihkan untuk pembangunan ruang kelas baru dan khusus bagi siswa miskin kita kasih beasiswa, supaya mereka tetap terlindungi," ujarnya.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris